3 August 2016

# Online shop

Endorse Produk ke Selebgram macam Awkarin atau Riaricis, Berapa sih Biayanya?

Internet kini  mampu membuka dan menghasilkan keuntungan untuk berbagai pihak. Banyak cara bagi penggiat internet untuk mencari penghasilan tambahan, yang nilainya ternyata bisa melebihi gaji karyawan kantoran. Sejak Instagram hadir, banyak sekali akun yang memiliki like dan folowers tinggi walau mereka bukanlah seleb televisi. Salah satunya dengan menjadi selebgram. 
Inilah selebgram yang kami maksud. Mereka juga menjalaninya dengan serius. Mereka tak hanya membuat akun, mereka bahkan menjalin kerja sama tak tertulis sebagai bagian dari jasa endorsement. Tugas selebgram sekarang juga lumayam padat dengan merebaknya endorsement, dari produk original sampai produk tiruan.Kebanyakan dari mereka memang mempromosikan berbagai produk online shop.
Ya, bisnis endorsement selebgram memang sangat 'manis'. Belakangan, bisnis ini kian merebak, bahkan para banyak selebgram ramai-ramai membuat penawaran khusus endorse. Popularitas dan paras cantik mereka memang menjadi andalan. Ibarat iklan, sebuah produk akan dilirik jika digunakan oleh bintang pujaan mereka.


Apakah bisnis endorsement benar-benar menjanjikan?
Bisa dikatakan iya. Sebab, belakangan sejumlah selebgram telah menetapkan 'tarif' untuk setiap produk yang hendak mereka endorse. Biaya yang dikenakan kepada para online shop yang ingin menggunakan jasa mereka beragam. Mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tentu saja itu belum termasuk produk gratis yang mereka bisa pakai atau dijual kembali.

Berapa biaya endorse selebgram?
Harga yang ditetapkan bisa bervariasi tergantung perjanjian. Ada berbagai kriteria yang bisa digunakan tiap selebgram, beberapa merupakan persyaratan umum, sisanya bersifat personal. kita bisa simak beberapa tarif endorse selebgram  macam Karin dan Ricis:

a. Karin Novilda (@awkarin)
Dikutip dari tempo.co, Karin mematok tarif Rp 800 ribu untuk biaya endorse dan Rp 300-500 ribu untukpaid promote (foto yang ditampilkan hanya sementara, bisa dihapus). Namun, karin juga cukup selektif. Ia membatasi 50 item saja dalam sebulan. Total, Karin bisa mengumpulkan uang hingga Rp 70 juta sebulan. Malah, ketika ia tak membatasi permintaan, penghasilannya dalam dua hari mencapai Rp 30 juta.

Baca juga : KONTAK ENDORSE AWKARIN, ANYA GERALDINE, DKK (EKS. TAKIS)

b. Ria Ricis (@riaricis1795)
Ria Ricis, selebgram berhijab ini pernah mendapat julukan Ratu Endorse. Bagaimana tidak, dalam sehari adik Oki Setiana Dewi ini mengunggah hingga tujuh foto yang mempromosikan barang dari berbagai online shop. Bahkan Ricis mengaku bisa mendapat endorse 50 produk dalam sebulan. Meski tak mau menyebut secara detail, Ricis mencoba memberi gambaran harga endorse-nya. Ricis biasanya dibayar mengikuti jumlah followers. Jika sekarang followers instagram Ricis empat juta, kurang lebih dari situ," ungkap Ricis. Bahkan, sebelum tampil di televisi, Ricis sudah memiliki lebih dari dua juta followers. Dari hasil endorse tersebut, ia sudah bisa membeli satu mobil. 
Baca Juga : OLshop Hijab Wajib Endorse Akun IG ini!

Little whispers for you...
Endorse selebgram itu simbiosis mutualisme, bisa saling menguntungkan kedua belah pihak. selebgram dapat produk kamu gratis & onlineshop dapat foto selebgram dengan barangnya,  serta dimention akun twitter Online Shop kamu di ratusan ribu follower selebgram dengan fotonya sebagai Promosi, ditambah kata-kata selebgram yang sangat menyukai produkmu, ada selebgram yang kasih testimonial juga, apalagi ada selebgram yang menyarankan followernya untuk membeli produkmu, SANGAT MENGUNTUNGKAN. Semakin bagus treatment onlineshopnya, jika si selebgram merasa sangat menyukai dan puas dengan produkmu, mungkin Online Shop kamu menjadi prioritas utama untuk diterima tawaran endorsementnya. Namun, ingat juga. Target promosinya akan sangat segmented & targeted yaitu para follower selebgram yang jelas-jelas memang mengidolakan selebgram pujaannya.