Prosedur Gingivoplasty Untuk Senyum Memikat


Setiap orang pasti mendambakan gigi yang sehat kuat serta teratur rapi di dalam mulut, karena gigi selain berperan dalam fungsi mengunyah makanan juga sangat menentukan estetika dari wajah seseorang. Banyak prosedur dental yang bisa anda ambil untuk mendapatkan senyum yang sempurna, salah satunya Gingivoplasty.

Gingivoplasty adalah prosedur operasi ringan untuk mengembalikan estetika dari gusi yang mengalami pembengkakan  yang diakibatkan karena penyakit atau pemakaian kawat gigi. Prosedur ini juga digunakan untuk mengembalikan warna gusi kembali normal (pink) pada gusi yang kehitaman karena rokok, usia tua, crown logam , dan lain-lain. Melalui gingivoplasty, dokter gigi akan membentuk ulang gusi melalui pembedahan. Gingivoplasty seringkali dilakukan bersamaan dengan gingivectomy, dimana terjadi pembuangan jaringan gusi yang lembek. Prosedur ini dilakukan pada pasien yang mengalami penyakit gusi yang parah. Dengan dilakukannya gingivoplasty, dokter gigi akan menyingkirkan jaringan gusi yang berlebihan. Seringkali, pasien dengan jaringan gusi yang berlebihan mengalami kesulitan berbicara dan makan dengan baik. Selain itu, jaringan gusi yang berlebihan juga terlihat kurang estetik.

Setelah gingivoplasty, jaringan gusi menjadi sangat rentan, dapat terasa nyeri, dan terkadang pasien tidak dapat menjaga kebersihan mulutnya, bahkan dengan menggunakan sikat gigi atau pasta gigi. Jadi, sebaiknya sarankan pasien untuk berkumur dengan air setiap sesudah makan dan menggunakan obat kumur antibakteri saja daripada menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang akan membuatnya nyeri. Infeksi gusi harus dihindari dengan berbagai cara dan pada pasein yang telah melakukan gingivoplasty, perlu diingatkan bahwa periode penyembuhan adalah sekitar 3 sampai 4 bulan.

Diberdayakan oleh Blogger.