8 August 2016

# Treatment

Posisi Plank yang Mudah dan Efektif

Sekarang ini latihan ataupun olah raga isometrik semakin menjadi trend. Hal ini karena olah raga ini memanfaatkan berat tubuh sendiri untuk latihannya. Sehingga praktis, singkat dan tidak membutuhkan biaya.  Salah satu model olah raga isometrik yang sangat bermanfaat adalah latihan "plank". Arti plank adalah papan, jadi secara sederhana latihan ini menirukan posisi lurus papan oleh tubuh kita. 




Mempelajari posisi plank yang benar sangatlah mudah dan Anda tak perlu repot menghafal gerakan-gerakan lainnya. Anda pun bisa melakukan plank di mana saja, tak harus di gym. Pada dasarnya Plank adalah menjaga posisi di mana berat tubuh disangga oleh kedua tangan, siku, dan kedua ibu jari kaki selama beberapa waktu. Posenya mirip dengan posisi memulai push up, tetapi harus menahan posisi ini semampu dan sekuat yang kita bisa. Di bawah ini manfaat yang akan didapat jika membiasakan melakukan plank tiap hari, selama yang kita mampu. Hanya dengan mempraktikkan satu posisi statis Anda bisa mendapat segudang manfaat seperti :
1. Mengencangkan perut

2. Meluruskan tulang belakang

3. Memperbaiki fleksibilitas tubuh

4. Memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan



Latihan plank  juga memiliki efek yang bagus terhadap saraf kita, sehingga akan memperbaiki suasana hati secara keseluruhan. Bayangkan kalau kita seharian kerja di meja kita, otot-otot paha dan kaki menjadi kaku, otot perut, punggung dan bahu juga kaku karena posisi duduk yang membungkuk/merosot ke depan. Akibatnya tubuh dan hati pun menjadi stress. Dengan latihan "plank" sebelum dan sesudah kerja, tubuh pun memiliki kesempatan adanya "pelepasan" ketegangan. Sehingga hal ini akan memperbaiki suasana hati kita.




Memang pada awalnya mencoba mempertahankan posisis plank terasa berat, bahkan mungkin hanya bisa melakukan selama 5 detik, tetapi lama-kelamaan maka akan terbiasa dan kita bisa melakukannya lebih lama. Bahkan bisa mendapatkan manfaat besar hanya dengan melakukannya sepuluh menit setiap hari. Melakukan satu kegiatan mudah saja bisa memberikan manfaat hidup sehat untuk kita. Masih tak percaya? Ayo lakukan sekarang!