Belajar dari Oka Mahendra, Kasus Kematian Collapse by Design karena Depresi


I can see the sadness in your eyes
Hard knocks an' hurt are hard to hide
It can be a long an' lonely ride
But it makes ya strong inside

Kasus kematian Oka, terlepas dari semua kontroversi sebelum atau sesudahnya adalah teguran bagi semua orang. Bahwa memang ada kasus dimana depresi bisa menimbulkan kematian, apapun penyebab depresinya dan apapun faktor yang mempengaruhinya. Kasus adanya istilah "collapse by design" kemungkinan masih baru, tapi sejatinya kita sering menemukan contoh nyata di sekitar. Nyata, ada, walaupun nggak semua yang kemudian meninggal terekspos ke media.

When you're down an' out the streets get rough
You need love but ya just don't enough
An' ya feel like no one's on your side

Kasus Oka Mahendra bisa dialami siapapun dengan alasan apapun. Ketika sedang dilanda masalah keluarga, jauh dari teman, putus dari pacar, kemudian menarik diri dari lingkungan, malas bangun, malas makan, dan akhirnya tubuh melemah. Kian hari semangat hidup makin hilang. Siapapun yang mencoba menguatkan hanya diterima di telinga, tapi tidak dalam pikiran. Sebenarnya Ruh mulai hilang perlahan. Tidak sakit, tepi entah ada di mana. Tidak gila, tapi juga tidak bisa dijelaskan dengan logika.

When you wanna throw it all away an' you've had it
Kita mungkin bakalan nyiyir dan nggak habis pikir. Ya ampun, emang seberat apa sih hidupnya. Matinya aja bisa dikubur di San Diego Hills pasti kan hidupnya gak kurang apa-apa. Well, disinilah sebenernya pembuktian bahwa nilai hidup lebih dari besaran angka yang dipunya, jabatan, lulusan mana, anak siapa. Apa merubah fakta bahwa Oka mati karena depresi? Apa merubah fakta bahwa ada orang disekitar yang mengambil keuntungan dari hal ini? Apa merubah keadaan? Apa kita bisa ngerti bahwa diluar kemasannya, di dalam setiap manusia hati bisa sala lembutnya dan mudah banget buat tersakiti? Setelah dia mati, apa lidah ini masih tega untuk terus menyakiti. You're sick people!

Ya try so hard but ya feel just like a clown
An' there ain't enough luck to go around
All your dreams they crash right to the ground
You wanna get right outta town
You can say "What the hell I've given up lay down to die" but it's just a bluff
Cause ya know there's no place left to hide
Sometimes life seems like a war an' you're surrounded

There is a bitter story behind. Oka pernah menjadi bagian, bahkan pendiri sebuah pergerakan bernama proud project (IG : proud.project ) yang mendedikasikan diri menyebarkan semangat positif dari setiap kesuliatan yang dihadapi. Memberi semangat bahwa tidak semua orang menghadapi hidup yang mudah, terkadang sangat sulit hingga hampir menyerah. Sangat pahit hingga Oka sendiri mengambil langkah berbalik arah, tapi di sisi lain ia meninggalkan warisan berharga. Bahwa selalu ada kemungkinan, ketika kita menyepelekan kesuliatan orang lain, menganggap remeh, kita bisa membunuhnya secara perlahan. Atau di sini, memaksanya untuk menyerah pada keadaan. 


Don't surrender don't surrender
Cause the fight inside your hearts
Your best defender don't surrender
Don't give up when ya know you right

Belajar dari sini, mari kita lebih peka, stop bully, stop hate, stop.. please.
Tidak akan ada untungnya buat kita menjadi pembunuh hanya dengan kata-kata. Bangga?
Menang? Untuk apa??


When you're feelin all alone just remember
Don't surrender
When you wanna throw it all away an' you've had it
Don't surrender
Don't surrender

song by:
Joan Jett And The Blackhearts
Don't surrender

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.