Tarif Endorse Instagram Artis Berapa, Sih?

Hai FemZ!
Di sini ada yang jualan online?? Yep, pasti dong kalian ngerti banget gimana rasanya kalau barangnya belum laku, dan tahu bahagianya kalau dagangannya dibeli orang. BTW, tau kan kalo sekarang banyak online shop yang rela keluarin budget lebih buat endorse artis di instagram? Pastinya udah tau lah, ya.
Nah, apa sih untungnya endorse di instagram? Oke, kita jelasin ya FemZ! Bayangin aja, kalau 1% aja dari followers instagram artis tertarik membeli barang pihak yang meng-endorse (misal folowersnya 5 jutaan), artinya sudah ada sekitar 50,000 orang yang tertarik membeli. Wow! 

Buat yang masih awam sama kegiatan endorsment sini aku bisikin ya tips nya!
a. Produk perawatan kulit biasanya punya nilai endorsement yang paling mahal. Mau diliatin artisnya pake, beh, jauh lebih mehong lagi! Produk fashion terkini lebih digemari, apalagi yang branded, hits dan unik.
b. Mereka jarang banget terima Paid promote (endorse dengan cara mem-posting gambar/materi yang telah disediakan pihak yang meng-endorse)  karena tarifnya relatif lebih murah dibanding paid endorse (endorse dengan cara memakai dan memfoto produknya, kemudian mem-post foto tersebut).
c.  Baik postingan endorse—terutama paid promote—memiliki batas waktu. Setelah bmasa perjanjian maka postingan tersebut akan dihapus

Gosip yang beredar mengabarkan kalo beberapa akun seleb mematok harga endorsment yang cukup wow. Sini sini merapat, aku bisikin ya berapa tarifnya.
1. Ria Ricis (selebgram) : Rp 9 juta untuk satu bulan.

2. Oki Setiana Dewi         : Rp 9 juta untuk satu bulan.

3. Rina Nose                    : Rp 13 juta untuk satu bulan.

4. Shireen Sungkar         : Rp 13 juta untuk satu bulan.

5. Jessica Iskandar         : Rp 15 juta untuk satu bulan.

6. Nabila Syakieb             : Rp 10 juta untuk dua minggu.

7. Nycta Gina                    : Rp 9 juta untuk dua minggu.

8. Olla Ramlan                  : Rp 20 juta untuk satu bulan.

9. Aurelie Hermansyah        : Rp 10 juta untuk satu bulan.

10. Shareena Delon            : Rp  7 juta untuk satu bulan.

Wow, mahal ya. Eits, waktu kamu baca artikel ini bisa jadi harganya udah naik lagi loh, Femz!