ENDORSE SELEB INSTAGRAM BERAPA TARIFNYA?

Hai FemZ!
Untuk kalian para penjual online, pasti dong kalian ngerti banget gimana rasanya kalau barangnya belum laku gara-gara akun sosmednya sepi kayak kuburan. Ih, horor!! BTW, tau kan kalo sekarang banyak online shop yang rela keluarin budget lebih buat endorse SELEB IG di instagram? Pastinya udah tau lah, ya.

Nah, apa sih untungnya endorse di instagram? Oke, kita jelasin ya FemZ! Bayangin aja, kalau 1% aja dari followers instagram si SELEB IG tertarik membeli barang pihak yang meng-endorse (misal folowersnya 200k), artinya minimal ada sekitar 10k orang yang tertarik membeli. Wow! 
Buat yang masih awam sama kegiatan endorsment sini aku bisikin ya tips nya!
a. Produk perawatan kulit biasanya punya nilai endorsement yang PALING mahal. Mau diliatin SELEB IG pake kosmetikmu, beh, jauh lebih mehong lagi! Buat kosmetik abal-abal, jangan harap diterima.
b. Produk fashion terkini lebih digemari, apalagi yang branded, hits dan unik. Makin hits, kekinian, tampilan bagus dan bahan yang berkualitas, semakin tertarik SELEB IG untuk memamerkan produkmu.
c. Produk makanan adalah yang paling susah lolos karena kalo nggak ngehits, pasti mereka bakal pilih-pilih yang sesuai selera. Untuk Distributor produk makanan, sebaiknya bikin sesuatu yang fenomenal juga supaya SELEB IG tertarik.d. Mereka bisa juga lho terima Paid promote (endorse dengan cara mem-posting gambar/materi yang telah disediakan pihak yang meng-endorse) tapi  karena tarifnya relatif lebih murah dibanding paid endorse (endorse dengan cara memakai dan memfoto produknya, kemudian mem-post foto tersebut) maka mereka pasti akan mengutamakan yang paid endorse.e.  Baik postingan endorse—terutama paid promote—memiliki batas waktu. Setelah masa perjanjian maka postingan tersebut akan dihapus. Namun kamu bisa keep foto mereka untuk promo di akun sosmed kamu, atau dibagiin ke reseller mu.
Gosip yang beredar mengabarkan kalo beberapa akun SELEB IG mematok harga endorsment yang cukup wow. Sini sini merapat, aku bisikin ya berapa tarifnya.

Biasanya untuk SELEB IG harga yang dipatok adalah sejumlah folowers, hal ini bisa berubah kalo ada permintaan khusus seperti lokasi foto, detail, sampai caption dan mention. 

Kalau mau lebih mudah, kamu bisa cari akun management endorse SELEB IG dengan cek bio atau caption SELEB IG tersebut. Harga dan jadwal biasanya akan dipublish secara rutin, jadi kamu nggak perlu capek-capek kontak mereka buat tanya-tanya. Dengan pihak ketiga ini kamu akan lebih untung karena tarifnya jauh dibawah harga kalo kamu kontak sendiri. Biasanya ini karena ketika pemotretan si SELEB IG akan sekaligus take foto untuk beberapa barang sesuai jadwal tersebut.

Well, jadi berapa dong??
Kalo SELEB IG yang udah jadi artis, harganya 9 jutaan ke atas per foto untuk waktu tayang 1 minggu- 1 bulan.
Kalo SELEB IG yang folowersnya banyak doang, dan lewat managemen endorde, 100-200 an per foto untuk waktu tayang 1 minggu.


Well, gimana, udah siapin budget untuk promote IG olshopmu? Eits, waktu kamu baca artikel ini bisa jadi harganya udah naik lagi loh, Femz!